Menjaga agar Tetap Fit dan Bugar selama Ramadan

Kesehatan & Hidup Featured

Kumpulan Tips dan Trik Indonesia – Bulan Ramadan atau puasa adalah momen-momen yang selalu dinantikan banyak orang setiap tahunnya. Bulan yang penuh berkah, pengampunan dan rahmat ini menjadi idaman seluruh umat muslim di dunia.

cara tetap fit dan bugar selama ramadan atau puasa
Cara tetap bugar selama Ramadan ala Tips dan Trik Indonesia

Selama berpuasa kurang lebih 14 jam untuk ukuran waktu di Indonesia bukan lah suatu hal yang luar biasa. Namun tubuh kita tetap akan merasa akan kaget atau terkejut di masa-masa adaptasi selama bulan Ramadan.

Tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman selama 14 jam.

Sementara itu kita dituntut untuk harus tetap beraktivitas normal, bekerja sesuai jam kantor yang sudah ditentukan serta performa kerja tetap harus seperti bulan-bulan sebelum Ramadan.

Karenanya, sangatlah penting agar tubuh kita tetap bugar dan segar selama Ramadan.

Tips untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar selama Ramadan

Nah berikut tips untuk menjaga tubuh agar tetap bugar selama Ramadan ala Tips dan Trik.

1. Tidur yang Cukup

cukup tidur selama ramadan

Kualitas tidur di bulan puasa tentu saja akan berkurang dikarenakan kita akan bangun tidur lebih awal setiap harinya untuk sahur.

Normalnya sahur dimulai Pukul. 03.00 – 04.00 Wib, dilanjutkan dengan salat subuh oukul 04.30.

Nah dengan kekurangan jatah tidur tersebut, kita bisa mengambil waktu “power nap” selama 10 – 15 setelah salat zuhur atau ashar tiba.  Walaupun waktunya singkat, “power nap” yang berkualitas membuat kita lebih segar selama Ramadan untuk menghadapi klien yang ingin bertemu di siang hari atau berdiskusi dengan atasan di sore hari.

2. Jaga Asupan Buah dan Sayur agar Tetap Bugar selama Ramadan

makan sayur dan buah
Konsumsi sayur dan buah bisa bikin tubuh tetap bugar selama Ramadan loh!

Pilihlan buah-buahan yang bisa memberikan kandungan vitamin dan gizi yang cukup untuk kita sepanjang hari. Pisang, apel, dan pir di antaranya bisa kamu konsumsi di waktu sahur tiba.

Sayur bayam wortel, sayur sawi putih, atau buncis dengan jagung muda bisa menjadi asupan bergizi ketika waktu berbuka telah tiba.

Kalau butuh referensi resep, bisa cek Resep Sayur Rica ini. Eh, tapi jangan terlalu pedas ya.

3. Konsumsi Madu dan Vitamin bila Perlu

madu dan vitamin
Kalau perlu, bisa minum madu dan vitamin biar tetap fit dan bugar selama puasa

Sudah tau kan bagaimana madu bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan kita? Konsumsi 2 sendok madu di waktu berbuka dan sahur untuk menjaga kita tidak lemas, dan masih bisa tersenyum sumringah di siang hari.

Konsumsi juga suplemen vitamin untuk menunjang kegiatanmu sehari-hari selama bulan Ramadan.

4. Olahraga Ringan Selama Puasa

olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap bugar selama ramadan

Bagi kamu yang terbiasa olahraga tapi bingung kapan mau olahraga di waktu puasa ini? Jangan khawatir, setelah solat isya dan tarawih, dan perutmu sudah lega dengan asupan makanan berbuka puasa.

Kamu bisa gunakan waktu ini selama kurang lebih 30 menit untuk membakar kalori. Cek video berikut untuk inspirasi deh.

Pilih olahraga ringan untuk tetap menjaga keseimbangan selama puasa. Selain itu olahraga ringan bisa menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama Ramadan.

Bisa work out di rumah ataupun jalan kaki menuju masjid yang agak jauh dari rumah. Selain mendapatkan pahal juga kamu akan tetap segar selama bulan puasa dan tubuh juga tetap bugar.

Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Clean Eating

5. Minum Susu dan Minum Air Putih

cara tetap bugar selama ramadan
Biar tetap bugar selama Ramadan, jangan lupa banyak minum air putih dan susu (kalau bisa) saat Sahur.

Walaupun sudah dewasa, kita tetap saja membutuhkan susu sebagai asupan yang bergizi bagi tubuh kita. Kamu bisa mengkonsumsi susu di jam sahur sesuai dengan porsi yang tubuhmu butuhkan.

Jadi komposisi makanan yang bergizi, segelas susu, madu dan multivitamin di kala sahur bisa membuat kamu fit dan bugar selama bulan Ramadan kali ini.

Hindari kopi dan teh pada waktu sahur tiba, karena dua jenis kesukaan banyak orang ini mengandung diuretik. Yaitu jenis minuman yang mempercepat pertumbuhan lajunya urin, sehingga membuat seseroang sering kali pipis.

Hal ini jika berlangsung selama kita berpuasa bisa menimbulkan tubuh kekurangan cairan sehingga menyebabkan kita dehidrasi.  Jadi selama berpuasa usahakan 8 gelas air tetap menjadi konsumsi tubuh kita.

Versi Kamu Gimana?

Nah semoga dengan tips dan trik bugar dan fit selama bulan ramadan ini membuat kita lancer puasanya, tetap segar, dan sehat berpuasa dari azan subuh hingga waktu berbuka tiba ketika azan magrib.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.