Cara/Langkah Membuat Blog Hingga Menghasilkan

Teknologi Featured

Selain menjadi Instagram Seleb, ada satu “profesi” digital lainnya yang dianggap wow dan menarik untuk dilakukan, yaitu blogger. Menjadi blogger terkenal seperti Raditya Dika, Amrazing atau kalau di luar negeri seperti Neil Patel, Darren Rowse dan lainnya, juga menjadi salah satu topik paling banyak dicari di Google Indonesia 2017.

Sudah banyak juga yang menuliskan tips terkait menjadi blogger atau cara membuat blog yang beredar di internet. Paling teratas kalau kamu googling “Cara Membuat Blog” adalah dari PanduanIM. Dalam prakteknya, banyak yang mencoba langkah-langkah yang disebutkan namun kemudian menyerah karena tidak berhasil.

Salah satu alasan tidak berhasilnya membuat blog yang menghasilkan adalah karena tidak ada target yang jelas mengenai “menghasilkan”. Apakah mendapatkan uang dari Google Adsense setiap 1 tahun sekali sudah termasuk menghasilkan?

Setidaknya itu harus sudah bisa kamu jawab sebelum membaca panduan lengkap terbaru untuk membuat blog dari Tips dan Trik ini.

Cara Membuat Blog dari Nol hingga Menghasilkan

Pertama, sama seperti ketika membagikan tips menjadi selebgram, untuk menghasilkan uang dari blog bukanlah proses seminggu dua minggu dan sudah dapat ya. Butuh waktu dan juga butuh kerja keras dari pihak kamu. Jika kamu merasa tidak sanggup untuk “bekerja”, lupakan panduan ini sekarang juga.

1. Tentukan Topik Blog Kamu

Kenapa topik blog ini penting? Karena jumlah blog yang sudah ada di internet sekarang ini sudah BANYAK. Jadi kamu harus pintar-pintar menjadi “SESUATU” seperti Syahrini – jadi yang unik. Agar blog kamu sendiri dilirik dan diminati oleh orang.

cara atau langkah membuat blog dari nol hingga menghasilkan

Jumlah blog post per 29 Januari 2018 jam 23:52 WIB

Okay… memang itu di seluruh dunia. Ya kan namanya kamu ngeblog, artinya sainganmu bukan saja dari Indonesia saja, tapi juga dari seluruh dunia.

Tips dalam membuat blog yang menghasilkan yang sering disampaikan oleh blogger profesional luar negeri yang saya sebutkan di atas adalah:

Blog your PASSION

Pilihlah topik blog yang memang menjadi passion kamu sendiri. Biar pada saat kamu down, kamu masih punya semangat dalam diri. Karena sekali lagi, membuat blog yang menghasilkan (uang) membutuhkan komitmen.

Di saat nanti kamu merasa ingin menyerah, ingatlah bahwa ini bagian dari passion kamu. Jadi akan memberi tambahan semangat kembali.

cara membuat blog dari nol hingga menghasilkan

Fokus pada topik blog yang menjadi passion – tips membuat blog yang menghasilkan (sumber foto: pexels.com)

Ada beberapa topik blog yang menarik dan dicari banyak orang. Topik ini bisa kamu gabungkan dengan apa yang menjadi passion kamu.

  • Fashion – orang masih butuh tips terkait penampilan. Apalagi kalau kamu mengejar target audience yang berbeda, misalnya: tips fashion untuk si badan besar.
  • Review – memang luas banget nih kalau bahas soal review. Bisa review film, buku, gadget dan lainnya. Nah, cari topik yang memang jadi KEBISAAN kamu. Mana yang bisa menonjolkan dirimu.
  • Travel – orang masih suka jalan-jalan. Walau blog perjalanan di dunia digital ini banyak, kamu masih bisa mengambil super-niche untuk topik ini. Misalnya, travel blog untuk backpacker atau kamu bahas human interest selama perjalanan.

Itu hanya contoh. Masih banyak hal lain yang bisa kamu telusuri.

Tips tambahan dari Tips dan Trik adalah:

Show Your UNIQUENESS and Your PASSION

3. Tentukan Target Audience

Untuk membuat blog yang menghasilkan, kamu juga harus sudah tahu siapa saja yang menjadi target pembaca blog kamu. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dalam menulis.

Siapkan Reader Persona – gambaran akan pembaca blog kamu. Saat menulis, tulislah seakan kamu sedang menulis pada mereka. Karena beda orang, akan beda cara penyampaiannya.

cara membuat blog menghasilkan

Salah satu cara membuat blog menghasilkan adalah harus jelas siapa target pembaca dari awal

Misalnya, kamu memutuskan untuk membuat blog fashion untuk pria yang sudah bekerja – kisaran umur 25-35 tahun, maka kamu harus bisa mengajak para pekerja muda atau eksekutif muda itu berbicara. Mereka mungkin akan lebih memperhatikan fungsi dan juga harga.

Hal ini akan berbeda jika kamu menulis blog fashion untuk pria yang umurnya masih di 17-25 tahun. Mereka akan lebih memperhatikan trendi atau tidaknya.

3. Pilih Nama Blog dan Cari Hosting yang Cocok

Topik sudah dapat, target pembaca juga sudah, berikutnya, untuk membuat blog yang menghasilkan, kamu harus siap dengan nama blog dan juga hosting yang cocok untuk blog kamu.

Tips Memilih Nama Blog

Dalam memilih nama blog yang akan kamu gunakan, perhatikan tips berikut:

  1. Nama blog mencerminkan isi blog. Misalnya, blog fashion pria dengan target Indonesia bisa menggunakan nama gayapriaterkini.com
  2. Unik boleh tapi jangan 4LAY ya. Menggunakan nama blog yang seperti itu akan mengakibatkan susah diingat.
  3. Nama blog haruslah singkat. Usahakan terdiri dari maksimal 3 kata saja. Semakin panjang akan semakin susah diingat.
  4. Jangan gunakan “-” di domain. Hindari nama domain seperti ini-domain-saya tapi gunakan inidomainsaya
  5. Hati-hati dalam nama domain, jangan sampai ada interpretasi lain. Tips dan Trik paling ingat contoh nama domain: pen-is-hard. Bayangkan kalau “-” dihilangkan.

Kenapa Harus Hosting? Kan Ada yang Gratisan

Satu rahasia ya… Platform blog gratis yang ada sekarang itu sebenarnya gak benar-benar gratis. Mereka kan kasih kamu tempat untuk menulis, masa iya mereka tidak dapat sesuatu sama sekali?

Misalnya, blogspot – produk Google – ada batasan dalam kapasitas yang bisa kamu pakai. Memang ada 10GB gratis, namun ingat, semua itu digabungkan dengan penggunaan Google Drive, Google Photos dan fitur Google lainnya. Kalau kamu upload foto resolusi besar, lama-lama kapasitas ini pun habis dan kamu harus upgrade drive kamu.

Yang paling menakutkan adalah bahwa yang gratisan, artinya kamu gak pegang hak penuh. Kalau mereka ingin menutup blog kamu, ya sudah, kita hanya bisa menerimanya.

Karenanya, Tips dan Trik menyarankan untuk menggunakan hosting sendiri. Lebih ribet? Iya, tapi jauh lebih aman. Tips dari kami adalah:

Gunakan hosting yang lokasinya sesuai dengan target pembaca kamu. Hosting lokal*) untuk pembaca lokal jauh lebih baik.

Cara/Langkah Membuat Blog Hingga Menghasilkan 1

4. Pasang dan Setting Blog Baru Kamu

Satu langkah sebelum memulai menulis di blog baru kamu adalah kamu harus melakukan setting blog dulu. Ibaratnya kamu beli rumah, harus siapkan rumahnya sampai benar-benar siap huni kan? Pastikan pondasi rumah kuat dulu dan perlengkapan oke.

Gitu juga dengan ngeblog. Kamu sudah ada topik yang kamu mau bagikan di blog. target pembacamu, dan juga sudah beli domain dan hosting.

Sekarang, kamu tinggal install blog kamu. Saran Tips dan Trik adalah pakai Content Management System (CMS) WordPress. Karena wordpress ini user friendly dan juga mudah disettingnya. Kalau butuh bantuan soal install CMS ini, baca tulisan ini.

Jangan lupa juga pasang plugin yang dibutuhkan untuk blog kamu.

5. Tulis Artikel Pertama Kamu

Sudah selesai set up blog? Waktunya kamu untuk mulai menulis di blog baru kamu. Mulailah dengan menulis hal yang ingin kamu bagi. Berikan “dirimu” dalam setiap tulisanmu. Jangan lupa untuk lanjut menulis hingga terkumpul beberapa artikel yang berarti untuk dirimu.

tips menulis artikel di blog

Cara Membuat Blog Menghasilkan – Tetap butuh artikel loh… sumber: pexels.com

Tips Menulis Artikel di Blog:

  • Tulislah yang dicari oleh target pembaca kamu. Makanya penting banget kalau kamu sudah menentukan target audience blog di awal. Ini juga biar kamu tahu, apa saja artikel yang kira-kira dicari oleh mereka.
  • Tulis semampumu terlebih dahulu. Jangan paksakan menulis panjang tapi akhirnya mbulet. Ngulang-ngulang. Kalau di awal baru bisa 300 kata, ya gak apa.
  • Kembangkan kebiasaan menulis hingga kamu menemukan tone tulisan yang cocok untuk kamu.
  • Jangan monetasi blog di awal. Lupakan semua dulu! Walaupun kamu sudah menargetkan untuk adsense, lupakan sejenak sebelum kamu mulai mendaftar.

Dalam beberapa tips ngeblog yang saya baca, disarankan juga untuk membuat tulisan pilar, yaitu tulisan yang paling banyak dicari oleh target pembaca blog kamu. Yang menjadi tiang blog kamu. Kamu bisa baca tipsnya di sini.

6. Belajar SEO – Terapkan!

Setelah kamu terbiasa dengan menulis, barulah kamu terapkan SEO. Pelajari tentang dasar-dasar SEO. Banyak artikel bertebaran mengenai hal ini. Pelajari dan terapkan.

Yang saya sering dapati adalah banyak yang bilang SEO susah, tapi mereka sendiri tidak pernah mempraktekkannya. SEO tidak menghasilkan traffic karena memang tidak diterapkan!

Tujuan belajar SEO kamu di sini adalah mengejar traffic yang stabil dari mesin pencari.

Cara Membangun Traffic dan Loyalitas Pembaca

Membangun traffic bukanlah sehari dua hari. Kamu harus ingat kalau hal ini bukan hal instant. Mereka yang sudah berhasil lebih dulu dengan traffic ribuan per hari itu tidak membangun blog mereka dalam sehari dua hari.

Menerapkan SEO untuk mendapatkan traffic dan juga promosikan blog kamu ke sosial media yang kamu punya. Kenalkan blog kamu dan dapatkan juga loyalitas dari pembaca kamu.

Dalam hal loyalitas pembaca, kamu bisa mendapatkan dengan baik-baik atau dengan membangun haters blog. Banyak loh yang menggunakan ini untuk mendapatkan pembaca.

7. Monetasi Blog Kamu Hingga Menghasilkan

Oke, kamu sudah ada blog. Domain kamu sudah aktif. Traffic berdatangan.

panduan membuat blog hingga menghasilkan uang online

Terus kapan daftar adsense untuk monetasi blog kamu? Saran utama dalam mendaftarkan adsense blog adalah:

  • Minimal 6 bulan setelah blog dibuat.
  • Minimal post 10
  • Minimal traffic dari mesin pencari (organic search traffic) 100 per hari.

Kalau kamu sudah merasa semua itu terpenuhi, baru kamu mendaftarkan blog kamu ke Adsense sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari blog. Selain Adsense, ada banyak cara lainnya untuk mendapatkan uang dari blog. Baca juga 7 cara monetasi blog ini.

7 Cara Membuat Blog Menghasilkan Di Atas Akan Sia-Sia Saja

Kalau tidak menerapkan satu demi satu dan juga belum terpikir blog menghasilkan itu seperti apa. Ibaratnya, kamu ingin pergi ke suatu tempat, namun tidak tahu tempat mana itu. Jadi sama juga bohong kamu beli tiket karena kamu tidak tahu tujuanmu.

Tetapkan tujuanmu dalam membuat blog – menghasilkan seperti apa yang kamu ingin capai.

4 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.