5 Trik Tata Rias Dasar yang Perlu Diketahui

Featured Kesehatan & Hidup

Sebagai perempuan, mengetahui tata rias dasar itu penting banget. Memang benar, nggak tiap hari kita mesti pakai makeup, tapi kalau ada undangan nikahan, reuni, gala dinner masa iya mesti ke salon terus demi tata rias yang paripurna. Duh, bisa-bisa keuangan jebol nih!

Oleh karena itu, Anda perlu tahu tata rias dasar. Minimal memiliki beberapa produk kecantikan untuk menunjangnya.

Saya pernah membaca satu kalimat, warna tata rias dasar yang serupa warna kulit asli adalah modal tata rias sesungguhnya. Setuju nggak? Kalau saya sih iyes.

Sekarang ini biasa disebut makeup flawless natural. Tren tata rias dasar ini lagi hype karena wajah nampak natural. Contoh dari riasan ini bisa dilihat di nikahan Raisa atau yang paling booming adalah pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry.

Dilansir dari beberapa website fashion, riasan Meghan itu sesungguhnya mahal! Kalau dirupiahkan sekitar ratusan juta. Tapi, hasilnya worth it, yekan?

Sebenarnya Anda juga bisa loh melakukan makeup flawless ini tanpa bantuan MUA asalkan tau trik tata rias dasarnya. Yakin deh, hasil riasannya akan bikin hepi. Bingung seperti apa sih tata rias dasar itu?

5 Trik Tata Rias Dasar ini bisa Membantu Anda untuk Mendapatkan Riasan ala Selebriti

1. Awal yang bersih

Sebelum merias wajah, pastikan tangan, peralatan tata rias dan kulit wajah dalam keadaan bersih. Bersihkan kulit wajah dengan cleanser dan toner. Saat masih lembap, aplikasikan serum, pelembap dan tabir surya.

Perlu diingat, untuk keseluruhan skincare ini sesuaikan dengan jenis kulit Anda, ya.

2. Optional, but it’s important!

tata rias dasar

Bisa jadi makeup primer hanya dikatakan sebagai pelengkap. Namun agar tata rias dasar tampil maksimal, makeup primer dapat digunakan untuk menyamarkan kerutan, kulit terhindar dari kesan berminyak dan meratakan warna kulit.

Jika Anda memiliki kulit cenderung kusam, gunakan makeup primer warna pink untuk memberi kesan kulit lebih bersinar. Makeup primer warna ungu cocok digunakan untuk kulit cenderung pucat, sedangkan warna hijau dapat menetralkan kulit kemerahan. Pemilik kulit berminyak, ada produk makeup primer bernama all matte atau oil free.

3. Pilih-pilih concealer

concealer

Hindari menggunakan concealer secara berlebihan, karena akan membuat area wajah yang hendak disamarkan menjadi makin terlihat.

Di pasaran tersedia aneka wanra concealer, seperti ungu,kuning, hijau, oranye dan nude. Warna tersebut adalah warna dasar yang dibutuhkan untuk menetralkan warna kulit wajah yang bermasalah.

3 Tips memilih concealer :

  • Untuk menetralkan warna kulit wajah yang bermasalah, Anda harus menggunakan warna concealer yang berlawanan.
  • Warna kebiruan yang cenderung gelap pada bawah mata dapat dinetralkan dengan concealer oranye, sedangkan kemerahan seperti bekas jerawat atau jerawat dapat dinetralkan dengan concealer warna hijau. Setelah itu, lapisi kembali dengan concealer warna nude.
  • Hanya menggunakan concealer warna nude tidak dapat menyamarkan warna kulit bermasalah.

Baca juga: Tips Memilih Lipstik untuk Bibir Hitam dan Kering

4. Foundation pilihan

Menggunakan warna foundation (alas bedak) yang tepat dapat membuat kulit tampak alami, tidak belang dan nggak tampak seperti topeng.

Belilah foundation di siang hari, gunakan atasan warna putih untuk memberi refleksi cahaya pada kulit wajah. Sebelum membeli, coba terlebih dahulu 3 warna foundation berbeda pada area rahang. Pergilah ke luar ruangan. Pilih warna foundation yang benar-benar serupa dengan warna kulit Anda.

Jika ragu, Anda bisa minta sampel foundation tersebut untuk dicoba di rumah.

Tips :

  • Hindari mengaplikasikan foundation dengan menitikkannya terlebih dahulu pada beberapa area wajah sebelum meratakannya. Selain memicu foundation menjadi mudah kering, cara ini akan membuat wajah Anda tampak belang. Agar hasilnya lebih maksimal, foundation memerlukan kombinasi panas tubuh dan teknik baur yang cepat.
  • Aplikasikan foundation ada area terpenting, seperti bawah mata, dagu, hidung dan dahi. Gunakan jemari tangan, beauty blend atau foundation brush agar pulasannya lebih rata dan tampak natural.

5. Akhiri dengan loose powder

loose powder

Pilih loose powder (bedak tabur) warna kekuningan untuk memberi kesan wajah cerah. Aplikasikan dengan bantuan powder bursh atau spons. Jika Anda menggunakan spons, gunakan dengan cara ditepuk- tepuk pelan ke seluruh wajah.

Perihal tata rias ini memang kembali lagi ke pribadi masing-masing, ya. Ada yang pengin kelihatan cerah, kecokelatan tapi apapun itu ada baiknya Anda mengetahui trik tata rias dasar ini. Penting banget juga, dalam menerapkan tata rias Anda nyaman dengan pilihan.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.